2020, Ucapkan Selamat Tinggal Pada Google Hangouts

Jakarta, Selular.ID – Layanan pesan instan Milik Google, Hangouts dikabarkan akan ditutup pada tahun 2020 mendatang. Dilansir dari GSMArena, layanan Hangouts akan dilebur menjadi satu bagian dalam Google G Suite.

GSMArena tidak menyebutkan pasti alasan menutup Hangouts. Kemungkinan besar, Hangouts kalah populer dengan layanan pesan instan milik Google lainnya seperti Google Allo dan Google Duo. Sehingga Google lebih fokus mengembangkan Google Duo dan Google Allo.

BACA JUGA:

Google Pixel 3 Tampil Tanpa Layar Poni, Ini Alasannya

Google Hangouts sendiri diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 lalu sebagai penerus Google Talk. Google Talk merupakan aplikasi pesan instan, obrolan grup dan merupakan layanan obrolan standar ketika berkomunikasi via Gmail versi desktop.

Pengguna Hangouts dapat mengirim dan menerima SMS. Mungkin Hangouts tidak mampu berkompetisi dengan layanan serupa seperti iMessage.

BACA JUGA:

Android Konfirmasi Siapkan UI Baru untuk Smartphone Lipat

Selanjutnya Google merilis aplikasi SMS lain bernama Message. Kemudian aplikasi ini berganti nama menjadi Android Messages.

Di tahun 2016 lalu, Google meluncurkan layanan pesan instan serupa Hangouts yakni Allo dan Duo. Dua aplikasi ini akhirnya mengubah Hangouts menjadi grup bisnis atau layanan chatting kolaborasi. Hangouts menjadi inspirasi bagi Google dalam menciptakan aplikasi chatting lain termasuk, Message, Google Duo dan Google Allo.

BACA JUGA:

Masalah Keamanan, Google Tutup Google+

Keberadaan aplikasi chatting serupa dengan Hangouts milik Google lainnya membuat popularitas Hangouts kian tergusur. Terlebih setelah diluncurkan aplikasi Google Hangouts Meets, pengguna Hangouts terus berkurang.

Bagi Anda pengguna Hangouts, siap-siap untuk beralih ke layanan chatting Google lainnya. Sebaiknya Anda backup data terlebih dulu, sebelum Hangouts resmi ditutup.