Apple umumkan Macbook Air terbaru

Jakarta (ANTARA News) – Raksasa teknologi Apple resmi meluncurkan Macbook Air terbaru dalam sebuah acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa.

“Hari ini kami sangat bangga dapat berada di sini, tempat berkumpulnya komunitas kreatif. Mac merupakan komputer pertama yang didesain dengan kreativitas dan menjadi pusat perangkat kreatif yang digunakan sehari-hari di seluruh dunia,” ujar CEO Apple, Tim Cook, dalam acara yang disiarkan secara langsung di website Apple.

Cook menyebut Mac tetap masih meraih peringkat pertama untuk kepuasan pengguna. Tingginya tingkat kepuasan pengguna tersebut, menurut Cook, berasal dari sistem operasi yang digunakan Mac.

Tidak hanya itu, Mac juga disukai karena dapat digunakan di mana pun, yang terwujud dalam Macbook Air.

“Saya sangat bersemangat Macbook Air terbaru kini hadir dengan retina display,” kata Cook.

Macbook Air mendapat pembaruan dari segi desain dan mesin. Perangkat berukuran 13,3 inci dengan 4 juta piksel itu kini lebih bezel-less dengan 50 persen lebih baik dari pendahulunya.

Meski bezel-less, Macbook Air terbaru juga memiliki kamera di bagian atas utuk Face Time HD. Macbook Air memiliki tebal 15,6mm dan bobot 1,2kg.
  Apple umumkan Macbook Air terbaru dalam sebuah acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa (30/10/2018). (apple.com)

Fitur yang ditunggu-tunggu, yaitu TouchID kini hadir di Macbook Air yang berada di dalam salah satu tombol keyboard untuk menyimpan password dengan data biometrik.

Keyboard juga dibuat lebih modern dengan LED di bawah keyboard. Pembaruan juga dilakukan pada touchpad yang 20 persen lebih besar dari pendahulunya.

Macbook Air terbaru juga dibekali chipset keamanan Apple T2. Ketika menggunakan Touch ID untuk membuka Mac, dokumen penting, atau melakukan pembayaran online, data pribadi akan aman tersimpan di SSD secara otomatis dan terenkripsi.

Berkat chipset keamanan T2, Macbook Air kini juga mendukung Siri untuk dapat membantu membuka aplikasi, menemukan dokumen, memutar musik dan menjawab pertanyaan.

Dari segi dapur pacu, Macbook Air kini dipersenjatai Intel Core i5 generasi ke-8 dengan memori 8GB dan SSD Storage 128GB.

Macbook Air terbaru ditawarkan dengan harga 1199 dolar AS atau sekitar Rp18,2 juta. Perangkat tersebut dapat dipesan mulai hari ini dan akan tersedia pada 7 November. Apple umumkan Macbook Air terbaru dalam sebuah acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa (30/10/2018). (apple.com)

Baca juga: Apple berencana rilis MacBook Air versi murah

Baca juga: Apple akan rilis MacBook Air Retina

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018