Pakai Jilbab? Ini Sebabnya Rambut Tertutup Harus Sering Keramas

JawaPos.com – Perempuan yang menggunakan kerudung harus lebih peduli dengan kesehatan rambut. Sebab rambut yang tertutup justru rentan lembab dan rontok. Maka perawatan rambut harus lebih intens.

Ahli Penata Rambut Profesional Daniel Amarta menjelaskan para pelanggannya yang berkerudung biasanya mengeluhkan rambutnya rontok. Ternyata penyebabnya adalah bakteri karena lembab.

“Paling dikeluhin itu adalah rontok. Karena kan tertutup dalam waktu lama ya. Bisa rentan bakteri,” katanya kepada JawaPos.com saat menghadiri ajang temu penata rambut profesional Ilvasto Live Convention di Grand Hyatt, Selasa (17/10).

Bakteri bisa muncul saat perempuan usai keramas tidak dikeringkan. Kemudian langsung ditutupi kerudung. Apalagi jika menggunakan dalaman atau ciput yang ketat.

“Jangan basah-basah ditutup langsung. Harus kering dong, nanti ada bakteri yang bikin rontok,” tukasnya.

Mengeringkan rambut, kata Daniel, sebaiknya menggunakan pengering rambut (hairdryer). Sehingga di bagian akar akan lebih kering saat tertutup kerudung.

Maka menurutnya, perawatan perempuan berhijab semestinya rajin keramas sesering mungkin minimal seminggu 3 kali. Kemudian wajib menggunakan tonik dan conditioner.

“Paling penting keramas itu pakai conditioner dan lotion untuk nutrisi kulit kepala, sehingga cuaca panas pun enggak bikin rambut jadi rontok,” jelasnya.

(ika/JPC)