Pilih-pilih Paket Umroh Empat Operator

Jakarta, Selular.ID – Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan penawaran tarif khusus untuk ibadah umroh.

Hal ini dilakukan operator untuk memberikan kemudahaan bagi jamaah asal Indonesia untuk berkomunikasi dengan teman, ataupun keluarga di Tanah Air ketika berada di Arab Saudi.

Kali ini SelularID coba memberikan empat pilihan paket umroh dari masing-masing operator, yakni Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, dan Tri. Ke-empat operator ini memberikan paket menarik untuk umroh yang bisa menjadi pilihan.

Berikut empat paket umroh dari masing-masing operator.

1. Paket Umroh Telkomsel
Telkomsel memiliki palet khusus untuk pelanggannya yang akan menunaikan ibadah umroh di tanah suci. Paket ini lebih tepatnya adalah paket untuk Arab Saudi dan negara Timur Tengah lainnya yang meliputi Arab Saudi, Mesir, Palestina, Qatar, Turki, Yordania, Uni Emirat Arab dan Israel.

Paket ini umroh menawarkan paket komplit untuk memenuhi kebutuhan telpon, SMS dan internet dan juga kebutuhan paket data saja. Setidaknya ada 4 pilihan paket yang bisa dibeli oleh pelanggan Telkomsel yaitu:

  • Paket Umroh Internet 14 Hari: Harga Rp 375.000, kuota internet roaming 10 GB
  • PaketUmroh Internet 9 Hari: Harga Rp 275.000, kuota internet roaming 5 GB
  • Paket Umroh 3in1 14 Hari: Harga Rp 550.000, kuota internet roaming 10 GB, Telpon 45 menit, terima telpon 45 menit dan 45 SMS
  • Paket Umroh 3in1 9 Hari: Harga Rp 340.000, kuota internet roaming 5 GB, Telpon 30 menit, terima telpon 30 menit dan 30 SMS.

Setiap paket di atas memiliki masa aktif 9×24 jam dan 14×24 jam. Khusus untuk kuota nelpon hanya berlaku untuk tujuan nomor Indonesia, sementara terima telpon bisa dari mana saja. Begitu juga dengan kuota SMS yang bisa digunakan untuk kirim SMS ke mana pun.

2. Paket Umroh XL
Bagi pelanggan XL yang akan berangkat ke Arab Saudi bisa menggunakan kartunya tanpa perlu melakukan penggantian kartu selama di sana. Tarifnya tergolong murah yakni nelpon ke Indonesia Rp 5.000 per menit dan internet Rp 35.00 per hari. Berikut tarif lengkap layanan roaming XL di negara tersebut.

Sementara bagi para pelanggan prabayar, terdapat pilihan paket roaming menarik yaitu Paket Umroh Combo. Harga paling murah adalah Rp 200.000 untuk 10 hari, semuanya sudah bisa memenuhi kebutuhan yang meliputi kuota internet, telpon dan SMS.

Untuk mengaktifkan paket umroh combo, pelanggan cukup dial *123*4254# atau *123*747#. Pakert Blackberry harian langsung aktif tanpa perlu melakukan aktivasi, sedangkan paket umroh combo memerlukan aktivasi terlebih dahulu. Setelah paket umroh combo berhasil diaktifkan, maka pulsa pelanggan akan langsung terpotong. Masa aktif akan dihitung sejak pelanggan bersangkutan mendarat di Arab Saudi.

3. Paket Umroh Indosat Ooredoo
Sementara Indosat memiliki beragam pilihan paket umroh yang bisa dibeli oleh pelanggan setianya. Berbeda dari paket umroh yang ditawarkan operator lainnya. Pasalnya, selain dapat membeli kuota untuk pemakaian sendiri, bisa juga mengirimkannya kepada teman atau saudara. Ini tentunya akan memberikan kemudahan tersendiri bagi pelanggan Indosat Ooredoo.

Pilihan paket umroh sendiri dibagi ke dalam 2 kategori utama yaitu paket 10 hari dan 20 hari. Berikut daftar semua paket tersebut:

-Paket 10 Hari Internet, Nelpon dan SMS: Harga Rp 375.000, kuota internet sepuasnya, Telpon 60 menit, 30 SMS
-Paket 10 Hari Internet: Harga Rp 245.000, kuota internet sepuasnya
-Paket 10 Hari Nelpon dan SMS: Harga Rp 200.000, Nelpon 50 menit, 25 SMS
-Paket 20 Hari Internet, Nelpon dan SMS: Harga Rp 449.900, kuota internet sepuasnya, Telpon 60 menit, 60 SMS
-Paket 20 Hari Internet: Harga Rp 349.000, kuota internet sepuasnya.

Cara melakukan aktivasi cukup mudah, pelanggan bisa langsung mengaktifkan melalui kode UMB *122*1#. Tidak ada batasan apakah ingin melakukan pembelian paket saat masih berada di Indonesia atau ketika sudah sampai di Arab Saudi, karena keduanya bisa dilakukan.

4.Paket Tri Ibadah
Untuk Tri, operator ini menawarkan paket khusus bagi pelanggannya yang akan melaksanakan ibadah ke tanah suci. Paket ini disebut dengan “Tri Ibadah”. Operator seluler yang berkerjasama dengan Tri di Arab Saudi ada 3 yaitu Mobily, STC dan ZAIN. Adapun pilihan paketnya ada empat macam yaitu seperti yang bisa dilihat berikut ini:
Untuk melakukan aktivasi paket, pengguna bisa langsung men-dial *899#.

Perlu dicatat bahwa sesampainya di Arab Saudi, Pelanggan wajib terkoneksi dengan salah satu operator seluler mitra Tri agar paket bisa digunakan. Waktu yang akan menjadi patokan penghitungan masa aktif bukanlah waktu di Arab Saudi sana, tetapi WIB.
Layanan internet yang didukung masih 2G dan 3G, belum support koneksi 4G LTE. Paket yang telah dibeli tidak akan diperpanjang secara otomatis dan itu berarti pelanggan bisa membelinya lagi secara manual apakah melalaui UMB *889# atau via aplikasi BimaTri.