Ini Alasan Perempuan Berhijab Harus Lebih Sering Keramas

JawaPos.com – Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Oleh sebab itu, penting untuk kaum hawa dalam menjaga rambut agar tetap sehat dan tetap indah. Tapi, bagaimana perawatan rambut bagi yang berhijab?

Managing Director PT Beautindo Prima selaku distributor dari label perawatan rambut René Furterer asal Paris, Henny Wijaya menjelaskan rambut perempuan berhijab lebih membutuhkan perawatan ekstra. Rambut yang tertutup jilbab biasanya memiliki banyak keluhan. Di antaranya lembab, berketombe, dan rontok.

“Sebanyak 80 persen perempuan berjilbab memiliki masalah yang serupa pada rambutnya. Rata-rata keluhannya rontok dan berminyak karena lembab,” jelasnya dalam pameran kecantikan Cosmobeaute´ Indonesia 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/10).

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, FINS DV, FAADV, menjelaskan rambut yang tertutup hijab biasanya lebih banyak menghasilkan minyak. Produksi minyak berlebih bisa menyebabkan kulit kepala tak sehat dan timbul masalah rambut.

“Karena kulit kepala tak sehat akhirnya rambut jadi stres. Maka rambut berhijab harus dirawat, pilihlah perawatan yang cocok. Memelihara agar kulit kepala tak terlalu berminyak,” jelas dr. Arimuko. Sehingga perempuan berhijab disarankan lebih sering keramas.

Maka selain rajin keramas, rambut berhijab juga perlu menggunakan serum yang cocok dengan kulit kepala masing-masing individu. Selain itu, disarankan agar memilih ciput atau dalaman jilbab berbahan kaos agar mudah menyerap keringat. Lembab disebabkan rambut tertutup kerudung. 

(ika/JPC)