Catat Ladies, Tips Agar Bibir Tak Kering Saat Gunakan Lipstik Matte

JawaPos.com – Lipstik dengan tekstur matte begitu banyak dipasaran. Dari merek lokal hingga merek internasional dengan warna yang beragam. Namun, harga lipstik matte yang mahal ternyata tak menjamin kalau bibir akan terus lembab.

Harus diakui, bibir akan terasa kering ketika memakai lipstik matte. Bahkan tak jarang mengelupas sehingga menjadi pecah-pecah. Lalu, adakah cara aman untuk meminimalisasi bibir kering saat menggunakan lipstik matte?

Make-up Artist, Audrey Nur Shafira mengungkapkan, memang untuk formula lipstik matte memang berbeda-beda. Sehingga tak bisa dibandingkan satu dengan lainnya. Untuk itu, Audrey mengingatkan untuk selalu merawat bibir. 

Make up artist, MUA indonesia,Make-up Artist Audrey Nur Shafira. (Inri Sembiring)

“Sebenarnya pertama kali itu kita harus merawat bibirnya dulu, perawatan itu penting. Kita harus menghilangkan dulu kulit- mati, kita bisa scrub dulu dengan gula pasir,” ujar Audrey Nur Shafira saat ditemui di Plaza Indonesia, Rabu (10/10).

Setelah itu, bisa gunakan lipbalm, namun biarkan dulu hingga mengering. “Jika lipmatte masih crack berarti memang formulanya (lipstik matte) terlalu kering. Jadi ada yang mengombinasikannya dengan lipbalm, di-mix pemakaiannya supaya teksturnya tidak terlalu kering” ujar Audrey Nur Shafira saat ditemui di Plaza Indonesia, Rabu (10/10).

Nah, selain menggunakan lipbalm langsung, ternyata Audrey juga mencampurkan langsung dengan lipstik matte-nya. Untuk mengombinasikan lipstik matte dengan lipbalm bisa dengan mencampurkan keduanya dalam satu wadah. Lalu campur hingga tekturnya menjadi lebih encer.

Selain itu, ada baiknya gunakan lipstik matte berulang kali. Sebab kalau hanya digunakan seharian, itu akan menyiksa bibir dan membuat lebih kering. Misalnya, lipstik matte transferproof yang memang memiliki daya tahan lama. 

“Jadi menurut aku yang cocok memang dipakai itu bisa tahan tapi tidak harus waterproof, yang penting di bibir kita tidak bikin crack. Formula yang transferproof kayak gitu kadang terlalu kering untuk bibir kita. Dan kalau memang harus dipakai berulang ya tidak apa apa dibandingkan dipakai sekali, tahan seharian, itu bisa nyiksa bibir juga,” lanjutnya.

(Inr/JPC)