Nintendo Patenkan Casing Game Boy

Jakarta, Selular.ID – Nintendo mematenkan casing Game Boy untuk perangkat layar sentuh kapasitif. Seperti casing handphone, ini adalah sebuah cangkang di mana Anda bisa memasukkan perangkat ke dalamnya, dan menggunakannya untuk bermain game ala Game Boy. Paten itu sudah diajukan Nintendo pada 16 Maret 2018 di AS.

Fitur utama casing Game Boy ini adalah kemampuan untuk input tombol pada casing yang akan dirasakan oleh layar sentuh di bawah tombol, baik ketika tangan kosong atau memakai sarung tangan (non-konduktif).


Bagian atas casing terdapat area terbuka seperti layar Game Boy reguler. Menurut paten, game akan ditampilkan di bagian layar sentuh yang bisa dilihat, sehingga memungkinkan untuk memainkan game dengan penutup yang terpasang.

Pada paten, Anda bisa melihat contoh smartphone yang ditempatkan di dalam penutup, di mana tombol dan “layar” akan bekerja sama pada perangkat.

Tombol-tombol menggunakan lembaran konduktif dalam sampul yang memungkinkan layar sentuh untuk merasakan input ketika lapisan bawah casing menyentuh layar sentuh.


Menurut gambar di atas, casing juga membuka celah kecil (nomor 16) untuk kamera depan dan corong speakerphone. Sementara bagian atas dan bawah casing terbuka, sehingga pengguna bisa menghubungkan perangkat ke earphone atau USB.

Meskipun sejauh ini contoh yang ditunjukkan casing adalah smartphone, Nintendo tidak membatasi untuk ini, dan “bisa diaplikasikan ke peralatan elektronik lainnya seperti tablet yang tidak memiliki fungsi telepon”.

Bisa jadi casing semacam emulasi Game Boy ini mungkin dalam karya-karya di Nintendo, baik untuk smartphone, tablet, atau Nintendo Switch.