Khusus Millennial, Ini Perbandingan Harga Paket Internet Provider, Pilih Mana ?

Jakarta, Selular.ID – Internet menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia, terlebih generasi millennial. Mulai dari menonton streaming, gaming, mengakses jejaring sosial, browsing dan sebagainya dilakukan masyarakat Indonesia melalui koneksi internet. Berdasarkan data, kebanyakan orang sekitar 80% tidak lepas dari smartphone, terutama generasi milenial.

Berdasarkan data yang dirangkum oleh Redaksi Seluar.id, rata-rata millenial menghabiskan Rp. 60.000 sampai Rp. 70.000 per bulan. Semua provider Indonesia berlomba-lomba merilis paket internet dengan konektivitas cepat, harga murah, beragam paket data menarik dan lainnya. Misalnya Smartfren, Indosat, XL dan Telkomsel.

Kami Redaksi Selular akan melakukan perbandingan harga di rentang Rp. 60.000 hingga Rp. 70.000 dan layanan paket internet unlimited atau paket serupa dari Smartfren, Indosat, XL dan Telkomsel. Berikut ulasan singkat mengenai paket internet Smartfren, Indosat, XL dan Telkomsel, yang ditawarkan di rentang harga Rp. 60.000 hingga Rp. 70.000.

Smartfren Super 4G Unlimited

Smartfren baru-baru ini meluncurkan paket internet unlimited terbaru Super 4G Unlimited kuota tanpa batas seharga Rp. 65.000 selama 30 hari. Meski demikian, Smartfren menerapkan batas pemakaian wajar (Fair Usage Policy/FUP) per hari sebesar 1GB jika dikali menjadi 30 hari maka total kuota yang didapatkan pelanggan adalah 30GB. Melihat dari data yang dimiliki team redaksi Seluler mengenai pola penggunaan data kaum Millenials, kuota 1GB per hari sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasi.

BACA JUGA:  Trafik Telkomsel Diprediksi Naik 10 Kali Lipat Saat Asian Games

Selain itu, jika sudah tercapai batas 1GB/hari, maka kecepatan Super 4G Unlimited akan disesuaikan menjadi 512Kbps. Namun, Kecepatan best effort akan diberikan kembali pada keesokan harinya atau dilakukan reset setiap hari. Super 4G Unlimited Smartfren dihadirkan khusus bagi pengguna smartphone.

Smartfren juga tidak memberikan batasan mengenai apa saja aplikasi yang dapat digunakan menggunakan paket Super 4G Unlimitednya. Selain itu Smartfren juga tidak membeda bedakan antara kuota aplikasi dan kuota utama. Kartu perdana dan paket unlimited Smartfren bisa Anda dapatkan di apilkasi MySmartfren, Galeri Smartfren dan konter pulsa di seluruh wilayah Indonesia.

Indosat Unlimited

Indosat juga memiliki paket internet unlimited dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan Smartfren. Paket unlimited Indosat sebenarnya agak aneh, karena meski namanya unlimited tetapi terdapat kuota sebesar 5GB dengan harga Rp 60 ribu masa aktif 30 hari. Unlimitednya pun hanya digunakan untuk menikmati YouTube, Spotify, Iflix, sosial media, unlimited SMS ke IM3 serta bonus kuota 3GB selama 7 hari.

Selain itu, paket unlimited Indosat 5GB terbagi dalam dua kouta yakni akses aplikasi dan kuota utama. Anda dapat mengakses aplikasi favorit tanpa menggunakan kuota utama selama masa periode aktif paket layanan unlimited. Ditambah Indosat memberikan syarat waktu berakhir paket adalah 3 menit lebih awal dari waktu yang telah ditentukan pada saat SMS registrasi. Layanan akses unlimited pada aplikasi Line, FB Messenger, BBM dan WhatsApp hanya berlaku untuk layanan chatting.

BACA JUGA:  Perdana, Telkomsel Luncurkan Game Buatan Sendiri

Pemakaian data yang melebihi kuota utama dan Anda tidak memilih paket yang tersedia di Landing Page, maka Anda akan dikenakan tarif retail data Rp 5/KB. Ketentuan mengenai tariff retail tersebut tidak berlaku apabila Anda memilih paket layanan unlimited yang memiliki kuota unlimited apps.

XL Xtra Combo

Untuk XL, tersedia paket Xtra Combo yang serupa dengan paket unlimited dan harganya pun tidak jauh berbeda. Paket Xtra Combo 5GB+5GB seharga Rp 59.000 menghadirkan kuota utama 5GB untuk jaringan 2G,3G dan 4G. Sementara kuota 5GB-nya yang lain dihadirkan hanya untuk menikmati YouTube. Tetapi perlu dicatat kuota youtube ini hanya dapat dinikmati dari jam 01.00 hingga 06.00 pagi setiap harinya. Paket ini diberlakukan batas pemakaian wajar sampai dengan 5GB per-hari.

FUP akan berubah tanpa pemberitahuan untuk menjaga kualitas jaringan. Jika pemakaian sudah mencapai 5GB dalam 1 hari maka kecepatan akses akan diturunkan menjadi 64Kbps. Namun, di hari selanjutnya kecepatan akses Youtube di jam 01-06AM WIB akan kembali pada kecepatan normal.

Anda juga dapat menelpon ke semua operator secara gratis selama 20 menit. Xtra Nelpon ke semua operator berlaku selama kuota nelpon masih ada. Masa aktif paket Xtra Combo 5GB+5GB ini berlaku selama 30 hari.

BACA JUGA:  Hanya 1 BTS Smartfren di Lombok yang Tidak Beroperasi

Masa aktif paket akan mengikuti masa aktif paket Xtra Combo yang terakhir diaktifkan. Jika paket Xtra Combo yang diaktifkan selanjutnya lebih kecil harganya dari paket yang pertama, maka sisa kuota paket sebelumnya akan terganti dengan paket yang baru diaktifkan. Paket Xtra Combo 5GB+5GB tersedia di UMB *123#, MyXL dan Toko Pulsa XL.

Telkomsel Combo

Provider selanjutnya adalah Telkomsel. Seperti provider lain, Telkomsel mengusung layanan serupa paket unlimited dengan harga tak jauh berbeda yakni paket Combo 2GB seharga Rp 60.000. Paket Combo 2GB menghadirkan kuota internet 2GB dan kuota yang dihadirkan khusus hanya untuk menikmati VideoMax sebesar 2GB.

Kuota utama 2 GB internet untuk akses internet di jaringan 2G/3G/4G. Sementara kuota VideoMax 2GB untuk akses SuperSoccer, Catchplay, HOOQ dan VIU yang berlaku selama 30 hari. Kuota VideoMax juga berlaku untuk Anda yang berlangganan HOOQ dan VIU selama 30 hari.

Ditawarkan pula gratis 60 menit telepon ke sesama Telkomsel serta 60 SMS ke sesama Telkomsel. Masa berlaku paket ini hingga 30 hari.

Semua provider tersebut mengklaim bahwa mereka memberikan koneksi internet yang stabil dan cepat dengan harga terjangkau. Lantas, paket mana yang Anda pilih Millennials? Smartfren, Indosat, XL atau Telkomsel ?