Agar Tak Lebam Seperti Ratna Sarumpaet, 3 Perawatan Ini Paling Aman

JawaPos.com – Berbagai meme kocak mewarnai media sosial menanggapi wajah lebam dan bengkak aktivis Ratna Sarumpaet usai operasi plastik berupa sedot lemak. Ratna mengaku dirinya berbohong dan wajah lebamnya bukan karena dipukuli tetapi sedot lemak. 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Jonathan R. Subekti, SpKK mengungkapkan kondisi lebam tersebut merupakan kondisi yang normal pada pasien usai operasi plastik. Seiring berkembangnya teknologi kecantikan, perawatan kulit saat ini banyak pula yang dilakukan tanpa operasi atau non invasif.

Paling aman, kata dr. Jonathan, adalah botox, filler, dan Radiofrekuensi. Ketiga metode tersebut tak akan menyebabkan lebam yang parah seperti yang terjadi pada Ratna Sarumpaet.

dokter kulit, operasi plastik, ratna sarumpaet dianiaya, operasi plastik, sedot lemak,Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Jonathan R. Subekti, SpKK menjelaskan perawatan kulit wajah yang aman. (Istimewa)

“Botox dan filler apabila dilakukan dengan baik umumnya tidak menyebabkan bengkak atau lebam. Kalaupun ada lebam biasanya hanya kecil di lokasi jarum suntik masuk ke kulit. Apabila ingin tampak lebih tirus tetapi takut menjalani operasi dapat melakukan tindakan RF atau HIFU yang juga dapat membuat wajah lebih kencang. Namun tentu tidak sedramatis hasil yang diberikan sedot lemak,” paparnya kepada JawaPos.com, Kamis (4/10).

Botox adalah metode yang sering digunakan untuk mengencangkan kulit wajah, menaikkan kerutan, meniruskan, dan menaikkan alis. Setiap orang membutuhkan dosis yang berbeda asal jangan berlebihan.

Filler adalah memasukkan silikon cair yang paling aman bagi tubuh. Bisa juga diambil dari lemak pasien kemudian disuntikkan ke bagian yang dikehendaki. Walaupun filler tak permanen namun paling aman. Filler bisa membuat dagu lebih lancip dan lebih tirus.

Lalu radio frekuensi adalah perawatan yang menggunakan gelombang radio yang diamplifikasi sehingga menyebarkan panas di bawah kulit. Sehingga akan merangsang kolagen baru. Dapat digunakan untuk lengan, wajah, dan paha.

(ika/JPC)