Youtube Miniplayer Mulai Tersedia Untuk Desktop

cara menyimpan video dari youtube ke galeri, cara download video youtube gratis, cara unduh video di youtube, cara menyimpan video youtube go

Jakarta,Selular.ID – Youtube menambahkan fitur baru untuk versi dekstop. Fitur ini adalah Youtube Miniplayer yang memungkinkan pengguna untuk memutar video dengan ukuran yang lebih kecil.

Fitur Miniplayer ini memungkinkan pengguna tetap menonton video ketika melakukan pencarian video lain, tanpa harus menutupnya. Ukuran layar video yang sedang ditonton akan mengecil, sementara video tetap akan terputar meski pengguna sedang menyisir resensi video lain di beranda Youtube.

Pengguna juga dapat menjalankan pencarian atau membuka sebagian besar halaman di Youtube, sementara Miniplayer memutar video. Selanjutnya, cukup klik pada video di antarmuka miniplayer untuk menampilkannya dalam mode tampilan reguler kembali.

BACA JUGA:  Cara Menyimpan Video Dari YouTube Tanpa Aplikasi

Seperti dilaporkan Engadget, fitur baru di dekstop ini sebelumnya telah tersedia dalam versi di smartphone.Ikon baru tersebut berada di antara ikon pengaturan dan ikon Tampilan Default di antarmuka pemutar.

Untuk mendapatkan Youtube Miniplayer, arahkan kursor mouse ke ikon untuk menemukan keterangan alat dan klik atau ketuk ikon untuk mengaktifkan pemutar dan beralih dari tampilan reguler ke mode tampilan khusus.

Namun sayangnya, antarmuka miniplayer sangat terbatas. Pengguna dapat melakukan opsi memutar atau menjeda, memutar ulang, dan memuat video berikutnya, tetapi untuk mengatur volume, kualitas, atau beralih subtitle pengguna harus kembali ke antarmuka reguler untuk melakukan perubahan ini.

BACA JUGA:  Youtube Gulirkan Fitur Durasi

Tidak hanya itu, kini Youtube juga menambahkannya ke Youtube versi browser. Mekanisme berbeda sepertinya akan diterapkan antara YouTube Miniplayer versi mobile dan browser desktop. Jika di versi mobile, pengguna cukup mengetuk tombol kembali (back) saat video terputar dan melanjutkan pencarian.

Namun dalam versi browser, pengguna harus mengetuk ikon Miniplayer yang ada di kanan bawah, sederet dengan ikon gerigi (Setting) dan tampilan layar. Tangkapan layar ikon Youtube Miniplayer versi browser video yang sedang ditonton akan mengecil di pojok kanan bawah, setelah ikon miniplayer diklik.

BACA JUGA:  YouTube Kids Hadir di Indonesia

Pengguna akan kembali ke menu beranda, berisikan daftar putar video yang telah ditonton. Pengguna juga tetap bisa mengontrol video yang masih terputar, karena tombol kontrol masih tetap tersedia. Di bawah video Miniplayer, terdapat pula ikon playlist video yang bisa disembunyikan atau ditarik ke bawah untuk memutar video lain dengan cepat. Fitur Miniplayer tidak akan berfungsi saat pengguna membuka tab lain di browser desktop. Dengan demikian, pengguna tetap harus berada di halaman Youtube untuk menikmati fitur Miniplayer.