Pasokan Listrik Terputus, Layanan Selular Alami Gangguan Akibat Gempa Donggala

Jakarta, Selular.ID – Sore tadi gempa berkekuatan 7,7skala Richter (SR)mengguncang wilayah Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dampak gempa ini juga terjadi hingga Ibu Kota Sulawesi Tengah, Palu yang mengakibatkan listrik di Palu pun ikut padam hingga kini.

Padamnya listrik di wilayah gempa ini mengakibakan beberapa site milik operator selular turut padam.

Denny Abidin, GM External Corporate Communication Telkomsel menyampaikan, terkait dengan adanya bencana alam gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Donggala yang mengakibatkan gangguan terputusnya pasokan Listrik PLN sehingga berdampak pada menurunnya kualitas layanan telekomunikasi Telkomsel khususnya di Kabupaten Donggala, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong.

BACA JUGA:  Kesan Pertama Berkeliling GBK Dengan “Mobil Hantu” Telkomsel

Telkomsel dikatakannya tengah berupaya secara maksimal dengan mengerahkan Mobile Back up Power untuk mengurangi dampak gangguan tersebut.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi,” ungkap pria yang akrab disapa Abe.

Hal serupa juga terjadi pada jaringan XL Axiata.

Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata, menyatakan beberapa site di Sulteng terganggu karena pasokan listrik yang dimatikan paska gempa.

BACA JUGA:  Telkomsel Rogoh Rp14 Miliar untuk Gelar 5G di GBK

“Alhamdulillah kondisi jaringan kami aman. Kami akan terus memantau kondisi di sana. Tak lupa, atas nama keluarga besar XL Axiata, kami turut berduka atas gempa yang terjadi di Sulteng & Sulbar,” ungkap Ayu.

Kendala pasokan listrik juga dialami jaringa. Indosat Ooredoo. Saat ini layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo di lokasi gempa mengalami kendala karena ketiadaan daya listrik dan jaringan transmisi down.

“Tim teknis jaringan kami terus memantau situasi dan berupaya untuk memulihkan kondisi jaringan sesegera mungkin terkait kondisi terakhir di lapangan,” kata Umar Hadi, Group Head Network Operation Indosat Ooredoo.

BACA JUGA:  Jaringan Baru 4G Plus Indosat Ooredoo Rambah Wilayah Sulawesi Selatan

Berdasarkan informasi yang didapat dari akun Twitter BMKG, Jumat (28/9/2018), gempa itu terjadi pukul 17.02 WIB. Titik gempa di 0.18 LS dan 119.85 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya beberapa kali gempa terjadi dengan beragam kekuatan. Salah satunya gempa berkekuatan 6,0 SR yang menyebabkan kerusakan serta 1 korban meninggal dunia di Donggala.