Manfaat di Balik Air Soda Untuk Kulit Lebih Glowing, Kok Bisa?

JawaPos.com – Membersihkan kulit wajah dengan air sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Namun belakangan muncul cara merawat kulit wajah dengan air soda atau air berkarbonasi menjadi tren. Cara ini telah lama dipakai oleh perempuan Jepang dan Korea untuk mendapatkan kulit sehat serta glowing.

Seperti dilansir dari Cosmopolitan, Jumat (28/9) penggunaan air soda yang dikenal sebagai ‘facial sparkling’ untuk mencuci muka yang dianggap lebih ampuh dibanding air keran biasa. Hal ini karena air soda memiliki kadar PH yang sama dengan kulit yakni 5,5. Sehingga tidak akan mengiritasi wajah Anda.

Menurut Dendy Engelman, M.D., seorang dermatolog kosmetik yang berbasis di New York, air soda memiliki kandungan CO2 yang melancarkan aliran darah dan oksigen ke jaringan kulit. Sehingga mendorong sistem tubuh berfungsi lebih baik secara keseluruhan. Kulit pun tampak lebih sehat dan halus.

“Air soda tidak hanya membantu membersihkan kulit dengan cara yang lebih dalam, karbonasinya membantu memecahkan kotoran dan minyak yang tertanam di pori-pori Anda dan memiliki manfaat nyata secara estetis,” jelasnya.

Selain itu, ketika membersihkan wajah dengan air soda, karbonasi tidak akan mengubah pH kulit. Untuk membantu mendapatkan air soda yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan, dr. Engelman menyarankan cara khusus. Yakni dengan mencampur CO2 ke dalam air untuk menurunkan tingkat pH, sehingga membuatnya lebih ramah terhadap kulit.

Lalu bagaimana penggunaan aor soda pada wajah?

Cukup percikkan wajah menggunakan campuran air tersebut. Atau dapat pula dengan merendam wajah ke dalam semangkuk campuran air soda tersebut selama 10 detik. Pijat lembut ke area kulit Anda. Tak perlu membilasnya dengan sabun dan langsung keringkan dengan handuk bersih.

Namun, dr. Engelman tidak menyarankan untuk mencuci wajah dengan air soda setiap hari, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Hal ini dikarenakan efek kadar karbonasi air soda terlalu kuat yang beresiko terhadap kulit dalam jangka panjang.

Sebagai alternatifnya, ia juga merekomendasikan untuk mencampurkan air soda dengan teh hijau. Caranya basahi kapas dengan larutan tersebut, dan kemudian terapkan di kulit wajah selama 10 menit. Hasilnya, kulit akan lebih sehat dan tampak glowing.

(fid/JPC)