‘Contemporary Muslim Fashions’ Hadirkan Perpaduan Fashion dan Seni

JawaPos.com – Dalam 10 tahun ke depan, masyarakat Amerika bahkan dunia bisa melihat karya para seniman muslim lewat pameran ‘Contemporary Muslim Fashion’ di DeYoung Museum, San Francisco. Pameran ‘Contemporary Muslim Fashion’ menunjukkan perpaduan seni dan fashion dari seluruh dunia termausk Indonesia.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Rabu (26/9), pameran ini tak hanya sekedar memamerkan karya para desainer. Tapi juga membawa pesan harapan dan penerimaan. Disamping itu tidak hanya fashion yang ditampilkan, melainkan ada dokumentasi runway, news clips, social media, dokumenter dan fashion photography.

Acara yang dibuka pada 21 September ini dimulai dengan peragaan busana yang memesona dengan menampilkan lima desainer dari dunia. Pertunjukkan busana ini menawarkan keindahaan busana dengan rangkaian perhiasan dan warna.

Contemporary Muslim Fashions, fashion muslim, modest wear,Perpaduan yang unik antara seni dan fashion hadir pada pameran ‘Contemporary Muslim Fashions’. (DeYoung Museum)

Bahkan, salah satu desainer yang terlibat adalah Saran Elenany yang berasal dari London. Ia memperliphatkan busana sportswear seperti burkini. Selain fashion show, foto-foto karya fotografer Irak, Wesaam Al-Badry, juga ditampilkan.

Karya Wesaam Al-Badry menggambarkan wanita berjilbab dengan syal fashion mewah yang sangat cantik. Tentunya dengan sentuhan estetika modern dan busana street-style.

Karya unik lainnya juga terlihat dari Banned scarf yang terbuat dari katun sutra. Scarf ini memiliki foto diambil dari NASA (wilayah Timur Tengah/ Afrika Utara) tertulis ‘Banned’. Selain itu, adapula jaket penerbangan militer AS berkonsep U.S. Constitution screen-printed pada bagian belakang dalam bahasa Arab dan Amandemen Pertama yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Kemudian ada juga cerita dari fotografer non Muslim, Rania Matar. Ia juga ikut berkontribusi dalam pameran buku model dan peneliti Anisa Tavangar, yang berasal dari agama Baha’i.

Perlu diketahui, enam desainer Indonesia telah bertolak ke Amerika dalam ajang Contemporary Muslim Fashion. Keenam desainer terpilih tersebut diantaranya Dian Pelangi, Itang Yunasz, Khanaan, Rani Jaya, Nur Zahra, dan IKYK. 

(Inr/JPC)