Jangan Asal, Ini 4 Kiat Perawatan Rambut Pria Agar Terlihat Tebal

JawaPos.com – Memiliki rambut sehat dan terlihat lebih tebal tidak hanya dambaan perempuan saja. Sebab kaum adam juga akan lebih percaya diri dengan rambut yang lebih tebal. Tapi seiring dengan bertambahnya usia, seseorang akan kehilangan folikel rambutnya.

Dilansir dari Men’s Health, Selasa (25/9), untuk menebalkan rambut biasanya kaum adam menggunakan produk perawatan. MUlai dari shampoo hingga penggunaan minyak rambut. Namun, perlu berhati-hati dalam hal penggunaan produk. 

Lalu bagaimana cara perawatan rambut yang aman agar rambut terlihat tebal? Setidaknya, ada empat langkah yang bisa diikuti para pria agar bisa tampil dengan rambut maksimal.

1. Perhatikan Kandungan Shampoo

Terlalu banyak keramas dengan sampo berdampak buruk bagi rambut Anda. Karena kandungan zat dalam sampo dapat mengikis minyak alami, hingga membuatrambut kering. Gunakan sampo khusus yang menawarkan pertumbuhan rambut lebih cepat.

Seorang hairstylist asal Los Angeles, KC Fee menyarankan agar beralih ke salah satu shampo yang dirancang dengan kandungan lebih ringan dan sedikit busa. “Itu akan sedikit mengeringkan rambut dengan menjaga minyak alami dan memberikan volume rambut serta lebih tebal,” kata Fee.

2. Kurangi Pomade atau Gel Rambut

Ketika rambut telah menipis, Anda perlu mengurangi penggunakan produk yang berat dan berminyak. Sebab akan menyebabkan rambut rontok. Biasanya produk tersebut meliputi pomade dengan level keras.

Sebaliknya jika Anda menginginkan sesuatu dengan finishing matte, maka disarankan untuk memilih hair vitamin spray yang jenisnya seperti sampo kering untuk merendam minyak berlebih dan membuat rambut lebih terangkat.

“Aturan praktis yang baik adalah memulai dengan sedikit produk dan membangun sesuai kebutuhan,” ucap Fee.

3. Gunakan Sisir Bulat dan Pengering Rambut

Untuk membuat rambut lebih tebal tanpa mengikis minyak alami adalah menggunakan sisir model one brush dengan bentuk yang kecil, bulat, seperti sikat 3/4. Cara menggunakan, setelah keramas kemudian gunakan sisir tersebut untuk menatanya. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan pengering rambut (hairdryer) agar lebih mengembang dan bertambah volumenya.

“Ini memberikan volume rambut dan tampilan yang lebih tebal,” tambahnya.

4. Ikuti Prinsip-Prinsip Diet Ini

“Diet dan suplemen dapat sangat membantu dalam memperkuat rambut dan memperpanjang yang tak terelakkan, karena rambut rontok turun ke genetika,” kata Fee.

Anda bisa mengosumsi makanan sehat dengan antioksidan tinggi, tidak mengandung gula, dan hindari makanan olahan. Atau Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung biotin, seng, vitamin C, zat besi, dan niacin seperti suplemen pertumbuhan rambut harian.

(fid/JPC)