Begini Cara Mitra Kukar Meredam Agresivitas Persebaya

JawaPos.com – Mitra Kukar mengaku siap menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (22/9). Secara khusus, pelatih Rahmad Darmawan (RD) mencermati sektor winger Persebaya yang menjadi senjata utama lawan dalam menyerang. RD pun menyiapkan strategi khusus untuk mematahkan sayap-sayap Persebaya.

Dalam lawatannya ke Surabaya kali ini, Rahmad Darmawan hanya membawa 18 pemain. Sesuai janjinya, RD tidak membawa winger Arif Suyono. Pemain 34 tahun itu ditinggal lantaran kehadirannya bisa saja memicu kontroversi.

Maklum, di pertemuan pertama melawan Persebaya, Arif menendang dan memukul Abu Rizal Maulana hingga menerima kartu merah. Jika Arif tetap dibawa, RD khawatir suasana tim jadi kurang kondusif.

“Ya kami kan harus menghormati suporter lawan (Bonek) juga,” kata pelatih yang di putaran pertama lalu menangani Sriwijaya FC itu.

Selain Arif yang sengaja ditepikan, Mitra Kukar bisa turun dengan kekuatan terbaik. Termasuk diperkuat top skor Liga 1 2018, Fernando Rodriguez. Pemain asal Spanyol itu dalam kondisi siap tempur. Catatan 15 gol Rodriguez musim ini membuat pemain 31 tahun itu menjadi predator yang wajib ditakuti pertahanan Persebaya.

RD boleh saja berharap banyak pada mantan penggawa Sevilla itu. Apalagi, dia adalah penentu kemenangan kala Mitra Kukar membekuk Persipura Jayapura 2-1, Senin (17/9) lalu.

Tapi, RD sadar Persebaya juga punya predator yang tak kalah ganas. Dia adalah David da Silva. Striker Brasil itu sudah mengoleksi 13 gol. Da Silva memang siap mengancam gawang Mitra Kukar. Tapi, RD tahu betul ancaman tidak hanya datang dari pemain 28 tahun itu saja.

Sebab, menurutnya, Persebaya memiliki serangan yang mematikan dari sisi sayap. RD sudah pernah merasakan betapa bahayanya serangan Persebaya dari sayap saat dia masih menangani Sriwijaya FC di putaran pertama. Kala itu, Sriwijaya FC mampu menahan imbang Persebaya 1-1 (23/4).

“Persebaya tim yang sangat ofensif. Para pemainnya juga punya kreativitas tinggi dalam menyerang,” kata pelatih 51 tahun itu.

Karena itu, Mitra Kukar juga bakal memperkuat lini pertahanan untuk membendung serangan tuan rumah. Untungnya, lini belakang bisa turun dengan kekuatan terbaik.

Mitra Kukar juga bisa menurunkan kiper asal Korsel, Yoo Jae Hoon. Dia sudah tampil dalam laga versus Persipura. Sebelumnya, Jae Hoon harus menepi selama tiga bulan akibat cedera.

“Intinya, (pemain belakang) butuh konsentrasi ekstra untuk melawan Persebaya. Dan sudah saya¬†sampaikan ke pemain, ini tak akan mudah,” pungkas RD.¬†

(gus)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.