7 Langkah Mudah Jaga Badan Tetap Langsing Hingga Usia Tua

JawaPos.com – Tak dimungkiri sebagian besar kaum hawa menginginkan badan yang tetap langsing dan fit hingga tua. Salah satunya caranya bisa dilakukan dengan diet sehat. Namun bagi yang telah mendapatkan badan ideal, Anda juga harus mempertahankan berat badan itu untuk jangka panjang.

Dilansir dari Healthy Guide, Jumat (21/9), perlu diingat bahwa menjaga berat badan membutuhkan strategi yang berbeda ketimbang menurunkan bobot tubuh. Anda tetap harus mengikuti diet seimbang, berolahraga, dan melakukan kegiatan sehat lainnya.

Untuk membantu mempertahankan tubuh langsing dalam jangka waktu lama, Anda bisa menerapkan tujuh langkah sehat yang bisa dilakukan di rumah. Apa saja itu?

1. Timbang Badan Setiap Hari

Menimbang badan setiap hari dapat membantu mengontrol tubuh. Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang menimbang badan secara teratur akan kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada orang-orang yang tidak melakukannya. Sebab, dengan memantau berat badan tiap hari, seseorang selalu ingat menjaga hidup sehat.

2. Membuat Kejutan Untuk Diri Sendiri

Setiap kali Anda membuat rutinitas yang sehat, penting bagi Anda untuk membuat sistem hadiah. Misalnya, untuk membantu mengikuti diet rendah kalori, Anda bisa memberi hadiah pada diri sendiri dengan makanan yang disukai setiap hari. Seperti memakan snack atau makanan penutup di penghujung hari.

3. Sarapan

Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang sering melewatkan sarapan memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas. Sarapan harus menjadi makanan terpenting di hari Anda. Sarapan bergizi mendorong metabolisme dan sekaligus mencegah Anda makan berlebihan sepanjang hari. Untuk hasil terbaik, Anda harus memilih hidangan sarapan yang memiliki keseimbangan serat dan protein yang sehat, seperti telur dengan roti gandum utuh dan buah-buahan.

4. Minum Air

Sekitar 60 persen dari tubuh adalah air, sehingga dianggap sebagai bagian penting dalam proses metabolisme. Orang yang minum dua gelas air sebelum makan, bisa kehilangan lemak tubuh hingga 30 persen selama 3 bulan.

5. Pilih Biji-bijian Utuh

Mengonsumsi biji-bijian dapat menjaga tubuh tetap langsing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi biji-bijian saat diet mampu kehilangan lebih banyak lemak daripada orang yang tidak mengonsumsi sama sekali. Ini karena dosis serat yang sehat ditemukan di seluruh biji-bijian membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

6. Memiliki 6-8 Jam Tidur Malam

Tidur nyenyak menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga berat badan yang sehat. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur selama lebih dari 8 jam atau kurang dari 6 jam setiap malam, terbukti mengalami gangguan kesehatan. Studi menemukan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan untuk makanan berkalori tinggi.

7. Kelola Stres

Ketika Anda mencari cara sederhana untuk tetap langsing saat usia bertambah, Anda harus mencoba untuk mengelola stres sesegera mungkin. Sebuah penelitian menemukan bahwa stres dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Ketika Anda stres, tubuh akan melepaskan kortisol, hormon yang memproduksi penyimpanan lemak perut. Caranya mengurangi stres bisa tarik napas dalam-dalam, lakukan joging, ikuti kelas yoga, atau lakukan kegiatan apa pun yang Anda suka.

(ce1/fid/JPC)