Pentingnya Lindungi Mata dari Paparan Sinar UV, Meski Langit Mendung

JawaPos.com – Melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet (UV) memang penting untuk penglihatan. Banyak pengguna kacamata telah memahami bahwa radiasi sinar UV dapat merusak mata, namun mereka kurang peka untuk mencegahnya.

Padahal faktanya, sinar UV selalu ada setiap waktu, sepanjang hari, bahkan ketika cuaca mendung. Kini hadir terobosan kacamata anti sinar UV yakni ZEISS UVProtect Clear Lenses.

“Perlindungan Sinar UV sangatlah penting bagi kesehatan penglihatan,” jelas Managing Director South East Asia – Carl Zeiss Pte.Ltd. Ven Raman, dalam konferensi pers, Rabu (19/9).

Kacamata tersebut memiliki panjang gelombang 400 nm atau yang biasa dikenal dengan UV400. Seluruh lensa kacamata ZEISS baik yang bening maupun berwarna akan mengalami penyamaan standar dalam kemampuan perlindungan sinar UV.

Sehingga pengguna kacamata dengan ZEISS UVProtect Clear Lenses akan terlindungi dari sinar UV. Ini sama kuatnya dengan perlindungan oleh sunglasses atau kacamata hitam UV400.

“Sangat penting untuk menjelaskan bahwa radiasi sinar UV ada setiap saat, tidak hanya saat matahari bersinar terik, namun sepanjang waktu dan sepanjang hari bahkan ketika mendung,” katanya.

Warna lensa sama sekali tidak ada hubungannya dengan kemampuan perlindungan sinar UV. Sebab yang terpenting adalah bahwa radiasi sinar UV terserap oleh material lensa.

“Faktanya cahaya matahari dan pantulannya dapat merusak mata dan perlindungan dari sinar UV adalah penting bagi semua orang,” tegasnya.

Chairman PT. Optik Tunggal Sempurna Alexander F. Kurniawan mengungkapkan pihaknya banyak mendapat kasus-kasus permasalahan mata. Salah satunya karena paparan sinar UV yang tinggi sehingga terjadi gangguan pada kesehatan mata seperti misalnya katarak. Terlebih Indonesia adalah negara tropis maka perlindungan dari radiasi sinar UV mutlak diperlukan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Tak hanya pemakai kacamata dengan kebutuhan lensa korektif, namun juga mereka yang sering terpapar sinar matahari dalam aktivitas sehari-hari,” ungkap Alexander.

Standar industri optik terkini masih mendefinisikan panjang gelombang hingga 380 nm sebagai batas tertinggi yang ada pada lensa kacamata. Ini berarti hingga sekarang kebanyakan lensa masih belum melindungi mata sepenuhnya dari radiasi sinar UV.

Efek radiasi sinar UV dapat merusak lensa mata dan mempercepat penuaan pada kulit sekitar mata atau bahkan dapat memicu kanker kulit pada kelopak mata. Inilah kenapa Full UV Protection sangatlah penting.

(ika/JPC)