Android Nougat Memimpin Distribusi Sistem Operasi Google di Tahun 2018

Jakarta, Selular.ID – Google baru saja merilis sistem operasi terbarunya yakni Android 9.0 Pie di bulan Agustus lalu. Data terbaru Google menyebutkan bahwa distribusi Android Pie hingga tanggal 12 September 2018 masih sangat kecil hanya 1%.

Ini wajar adanya mengingat baru diluncurkan dan perangkat yang mendukung Android 9.0 Pie masih kecil jumlahnya. Sejauh ini baru Pixel dan Essential Phone yang mendukung sistem operasi Android 9.0 Pie. Versi stabilnya pun baru bisa digunakan belum lama ini.

Melansir laman GSMArena, dua pekan lalu Google juga telah merilis data mengenai total distribusi sistem operasi mereka. Kini Google kembali merilis data distribusi Android terbaru. Ada yang mengalami kenaikan, ada juga yang masih sama.

Android Nougat masih memimpin distribusi Android di tahun 2018 ini. Ini termasuk Android 7.0 dan Android 7.1 memiliki pangsa pasar terbesar yakni 30,8% dengan perangkat Android aktif. Angka ini sama persis seperti yang telah diraih Android Nougat dua pekan lalu.

BACA JUGA:  Android P Diperkirakan Meluncur Bulan Ini

Di posisi kedua diduduki Android 6.0 Marshmallow dengan raihan 22,7%. Selanjutnya diikuti Android Lollipop termasuk Android 5.0 dan Android 5.1 dengan raihan 19,2%.

Sementara Android 8 Oreo yang mencakup Android 8.0 dan Android 8.1 masih memiliki pangsa yang sama dari jumlah perangkat Android aktif yang dimiliki dua minggu lalu dengan 14,6%. Untuk distribusi sistem operasi lainnya, datanya masih sama dengan dua minggu lalu.

Ini termasuk Android 4.4 Kitkat (4,4%), JellyBean (3,5%) serta Ice Cream Sandwich (4.0.3-4.0.4) sebesar 3%. Namun, masih saja ada yang menggunakan sistem operasi lawas Gingerbread (2.3.3-2.37).