Dua Tahun Berlalu Ini Pendapatan Pokemon Go

Jakarta, Selular.ID – Permainan Pokemon Go yang dirilis pada Juli 2016 memang sempat menjadi daya tarik tersendiri. Aplikasi permainan berbasis augmented reality ini sudah mencatat ratusan juta pengguna hingga saat ini.

Dua tahun sudah berlalu sejak Pokemon Go dirilis pada awal Juli 2016. Popularitasnya tidak sama ketika pertama kali diluncurkan. Namun game mobile besutan Niantic ini terbukti tetap mampu meraup sejumlah besar uang.

Jika proyeksi keberhasilan berkisar Rp12,67 triliun diawal kemunculannya, di tahun keduanya, pendapatan Pokemon Go tercatat 1,8 miliar dollar AS atau setara Rp25,8 triliun.

Angka pendapatan itu, menurut riset dari Sensor Tower, berasal dari pengguna Android yang menyumbang hingga 58 persen. Sedangkan 42 persen sisanya tentu saja berasal dari perangkat iOS.

Dalam laporannya, seperti dikutip Forbes, Amerika Serikat dan Jepang menjadi tempat di mana para pemain banyak menghabiskan uang untuk permainan ini.

Berdasarkan data SensorTower.
Amerika Serikat memang menjadi penyumbang terbesar pendapatan ini dengan angka mencapai 607 juta dollar AS. Sedangkan di negara asal Pokemon, Jepang, Pokemon Go menghasilkan uang sebesar 500 juta dollar AS.

Selain itu ada pula negara lain seperti Jerman, Inggris Raya dan Taiwan yang masuk jajaran lima besar.

Sebagai informasi Pokemon Go dikembangkan Niantic Inc dan Nintendo Co Ltd. Permainan ini memanfaatkan global positioning system (GPS) dan kamera pada perangkat elektronik yang digunakan pemain.

Baca Juga:Dua Bulan Dirilis, Game Pokemon Quest Kantongi 7,5 Juta Pengguna

Awal diluncurkan permainan ini secara resmi baru tersedia di tiga negara, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Namun heboh permainan Pokemon Go ini membuat aplikasi tersedia di banyak negara dari aplikasi pihak ketiga kala itu.

Hobijudi.com – Situs judi bola online terbaik terbesar terpercaya indonesia resmi dan se asia dunia internasional