Ingin Laptop Awet, Ini Solusinya

Ilustrasi notebook

Jakarta, Selular.ID – Hingga saat ini laptop masih menjadi perangkat yang digunakan manusia untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Mulai dari sekedar menikmati konten hiburan, bermain game, pekerjaan harian, dan pekerjaan berat. Bahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, terkadang laptop harus standby selama hampir seharian penuh. Apalagi pekerjaan berat seperti video editor yang tentunya membutuhkan perawatan extra bagi laptop.

Baca juga : Enam Laptop Gaming Piihan Bagi Para Gamer

Karena digunakan hampir seharian, Anda harus cermat dalam menggunakan dan merawat laptop. Untuk itu, Anda harus merawat laptop Anda sebaik mungkin agar laptop Anda tetap awet dan tahan lama.

Baca juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Laptop

Berikut tips merawat laptop.

1. Lindungi laptop dengan software antivirus

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan laptop adalah melindunginya dengan software antivirus. Dalam pembelian laptop biasanya disertakan software antivirus bawaan. Apabila tidak disertakan software antivirus, maka Anda bisa membeli software antivirus di toko retail terpercaya atau di website resminya. Jangan mendownload antivirus sembarangan. Jika Anda mendownload antivirus di sembarang website dan bukan di website resminya, bukan perlindungan yang Anda dapatkan, melainkan serangan virus berbahaya yang Anda terima.

Selain itu, jangan download sembarang software, terutama di website yang tidak terpercaya. Karena software dan aplikasi yang tidak jelas tersebut akan membuat laptop Anda terserang virus. Sebaiknya, update antivirus secara berkala untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop Anda.

2.  Charger baterai dalam kondisi diatas 0%

Perhatikan kondisi baterai dalam menggunakan laptop. Jangan mengisi ulang baterai laptop dalam kondisi 0%. Sebaiknya charger laptop sebelum mendekati 0%. Jika Anda mengisi ulang baterai laptop dalam kondisi 0%, tentunya akan merusak baterai. Dalam proses charger, ada baiknya laptop dalam kondisi mati dan jangan pergunakan laptop pada saat proses charger.

3. Jangan memaksa laptop untuk kerja berat

Dalam membeli notebook, Anda harus menyesuaikan kebutuhan Anda dengan spesifikasi laptop tersebut. Terlebih lagi, di pasaran saat ini hadir beragam laptop untuk berbagai segmen. Mulai dari gaming, pekerjaan berat seperti edit video, pekerjaan rutin, hingga kebutuhan sehari-hari. Jika Anda membutuhkan laptop untuk gaming atau mengedit video, pilihlah notebook yang memang memiliki spesifikasi tinggi guna mendukung kegiatan tersebut. Jangan memaksakan notebook dengan spesifikasi rendah untuk melakukan pekerjaan berat. Karena jika hal ini dilakukan tentunya akan mempengaruhi performa laptop Anda sehingga akan memperpendek usia laptop Anda.

4. Bersihkan laptop secara rutin

Kebersihan laptop juga dapat menunjang performa laptop dan membuat laptop lebih tahan lama. Karena debu yang menempel di keyboard ataupun port-port kecil pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop. Oleh karena itu, bersihkan laptop secara rutin. Bersihkan laptop dengan kain lap yang halus untuk membersihkan layar dan permukaan laptop. Untuk keyboard dan port-port laptop, Anda bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkannnya. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan keyboard dan port laptop dengan mini vacuum cleaner.

5. Jauhkan laptop dari benda elektronik lain

Jauhkan laptop Anda dari barang-barang elektronik lain seperti smartphone, speaker, pengeras suara dan benda-benda lain yang dapat menimbulkan gelombang elektromagnetik. Hal ini dikarenakan gelombang elektromagnetik dapat merusak speaker laptop seperti kualitas suara yang dihasilkan menjadi buruk bahkan membuat speaker laptop tidak berfungsi sama sekali.

6. Hati-hati membawa laptop saat bepergian

Apabila Anda ingin membawa laptop ketika sedang bepergian, sebaiknya gunakan tas khusus yang didesain untuk laptop. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak mempunyai bantalan khusus untuk laptop. Karena tas khusus laptop dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop, terutama ketika tas berisi laptop tersebut terjatuh. Meski demikian, jangan meletakan tas berisi laptop di sembarang tempat, apalagi di tempat umum. Hal buruk bisa saja terjadi, misalnya tas laptop tersebut diduduki oleh orang lain.

Hobijudi.com – Situs judi bola online terbaik terbesar terpercaya indonesia resmi dan se asia dunia internasional