Lupa Pola Kunci Smartphone? Coba Lakukan Ini

Jakarta, Selular.ID – Pola kunci masih menjadi pilihan pengguna smartphone dalam menjaga kerahasiaan smartphone miliknya. Namun penggunaan pola kunci biasanya sering menjadi masalah ketika si pemilik smartphone Android melupakan pola yang digunakan. Anda pernah mengalaminya ? Kini hal tersebut bisa diatasi dengan dua cara untuk membuka pola kunci pada smartphone Android.

Cara yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan akun Google. Jika Anda lupa akun Google yang digunakan pada smartphone Android yang terkunci, maka Anda bisa melakukan factory reset. Namun cara kedua akan menghapus seluruh data dan aplikasi.

Baca juga : Inilah Cara Paling Aman Buka Ponsel Android yang Lupa Kunci

Berikut dua cara mengatasi masalah lupa pola kunci.

  1. Unlock menggunakan akun Google

Jika Anda salah memasukkan password atau pola kunci sebanyak lima kali, kemudian Anda akan mendapatkan sebuah pesan baru. Dalam pesan tersebut muncul dua pilihan yakni next dan try again. Langkah pertama, pilih next lalu akan muncul dua pilihan untuk unlock smartphone. Pilihan pertama dengan menjawab pertanyaan sekuritas dan pilihan kedua adalah menggunakan akun Google. Jika Anda lupa pertanyaan sekuritas, maka Anda bisa sign in menggunakan akun Google. Kemudian Anda akan diarahkan untuk memilih pola kunci baru dan selanjutnya Anda bisa unlock dengan pola baru.

  1. Unlock tanpa akun Google

Jika Anda lupa akun Google atau cara pertama gagal karena smartphone Android yang terkunci tidak terhubung dengan internet, maka Anda bisa melakukan factory reset. Caranya sebagai berikut.

  • Nonaktifkan smartphone Android yang terkunci.
  • Kemudian tekan tombol volume bagian atas, tombol power dan tombol home.
  • Cukup tekan tombol volume bagian atas dan tombol power jika tidak ada tombol home secara bersamaan hingga muncul sebuah daftar Android recovery system.
  • Pilih wipe data atau factory reset pada daftar menu Android recovery system.
  • Setelah factory reset selesai, lalu Anda akan diarahkan kembali ke Android system recovery.
  • Selanjutnya pilih reboot, lalu smartphone akan melakukan restart dan Anda tidak akan lagi diminta mamasukkan pola untuk mendapatkan akses ke smartphone.

Sumber Berita: selular.id